Rabu, 09 Mei 2012

Market Research Brand Pasta Gigi

ESTER ARIANTINI (KELOMPOK 7)
115020301111043
TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN

Dari 50 responden mahasiswa FEB UB yang diambil secara random, Responden  dibagi menjadi 2 kelompok yaitu,
25 responden mahasiwa hasilnya:
*      Brand yang paling di ingat adalah sebagai berikut:
1.    84% mengingat brand Pepsodent (21 orang)
2.    12% mengingat brand Close-Up (3 orang)
3.    4% mengingat brand Zact (1 orang)
Kesimpulan: Pepsodent merupakan “Top of Mind Consumer” di kalangan mahasiswa FEB UB. Dimana dari 25 responden 21 orang sangat mengingat brand pepsodent (brand awareness).



*      Brand lain yang diingat adalah
a.    Ciptadent : 18,67% (14 orang)
b.   Close-Up: 16% (12 orang)
c.    Sensodyne: 13,33% (10 orang)
d.   Lain-lain (kodomo, enzim, ritaden dll):  14,67% (11 0rang)
e.   Abstain: 22,67% (orang)
Kesimpulan:  Ciptadent adalah brand ke dua yang paling di ingat oleh mahasiswa FEB UB. Dimana dari 25 responden dan 75 peluang brand-brand lainnya, sebanyak 14 orang dari mereka menulis brand ciptadent sebagi Brand yang di ingat lainnya (lebih banyak dari brand-brand lainnya)


*      Brand yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa FEB UB adalah Pepsodent yaitu sbesar 84% (21 orang). Rata rata dari mereka setia/ tetap menggunakan brand tersebut untukk kedpannya, hanya 3 responden saja yang ingin berpindah brand.
25  esponden mahasiswi hasilnya:
    Ø  Brand yang paling di ingat adalah sebagai berikut:
1.    92% mengingat brand Pepsodent (23 orang)
2.    4% mengingat brand Close-Up (1 orang)
3.    4% mengingat brand Zact (1 orang)
Kesimpulan: Pepsodent merupakan “Top of Mind Consumer” di kalangan mahasiswi FEB UB. Dimana dari 25 responden 23 orang sangat mengingat brand pepsodent (brand awareness).




Ø  Brand lain yang diingat adalah
a. Ciptadent: 225% (19 orang)
b.Close-Up: 24% (18 orang)
c. Formula: 16% (12 orang)
d.Sensodyne: 16% (12 orang)
Kesimpulan:  Ciptadent adalah dan Close-Up adalah brand ke dua yang paling di ingat oleh
mahasiswi FEB UB. Dimana dari 25 responden dan 75 peluang brand-brand lainnya, sebanyak 19
dan 18 orang dari mereka menulis brand ciptadent dan Close-Up sebagi Brand yang di ingat
lainnya (lebih banyak dari brand-brand lainnya)
    Ø  Brand yang paling di ingat adalah sebagai berikut:
          Brand yang paling banyak digunakan oleh Mahasiswi FEB UB adalah Pepsodent yaitu sebesar 76%
          (19 orang) dan rata-rata dari mereka setia/ tetap menggunakan brand tersebut untukk kedpannya,                 
          hanya 1 responden saja yang ingin berpindah brand.
KESIMPULAN UMUM:
                      Brand Pepsodnt adalah Brand yang paling di ingat dan paling banyak digunakan oleh Mahasiswa dan Mahasiswi FEB UB. Mereka tidak hanya mengingat brand tersebut tapi juga menggunakan dan menjadi pelanggan setia.

* Strategi yang dapat diambil: memasarkan brand pasta gigi pepsodent di kalangan mahasiswa dan mahasiswi FEB UB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar